Rabu, 06 Januari 2016

Sejarah Dan daftar Chipset Nvidia Tegra


Tegra

Tegra adalah sebuah seri sistem di dalam Chip (system on a chip atau sering disingkat SoC) yang dikembangkan oleh perusahaan produsen hardware grafis Nvidia untuk perangkat bergerak (mobile) seperti misalnya smartphones, Personal Digital Assistants (PDA), dan perangkat internet bergerak (MID atau Mobile Internet Device).

NVidia yang selama ini dikenal sebagai perusahaan produsen Video Card (VGA) dengan seri GTX untuk komputer pribadi (PC), memutuskan terjun ke ranah mobile dengan meluncurkan seri SoC Tegra.

Tegra mengintegrasikan arsitektur CPU (central processing unit) ARM, GPU (graphics processing unit), northbridge, southbridge, dan controller memory dalam satu paket. Tegra SoCs awalnya didesain sebagai processor multimedia yang efisien, sementara model yang dirilis akhir-akhir ini
lebih tertuju kepada performa grafis tanpa mengorbankan efisiensi daya.

Sejarah Chipset NVidia Tegra

The Tegra APX 2500 pertama kali diumumkan pada tanggal 12 Februari 2008, dan kemudian lini produk Tegra dengan nomor seri 6xx diungkap ke publik pada 2 Juni 2008, dan APX 2600 menyusul setahun setelahnya pada bulan Februar1 2009. Chipset APX di desain untuk digunakan pada ponsel pintar, sementara itu chipset Tegra 600 dan 650 ditujukan untuk smartbooks dan perangkat Mobile Internet Devices (MID).

Zune HD Media Player

Produk pertama yang menggunakan Tegra adalah Zune HD media player yang dibesut oleh Microsoft pada bulan September 2009, diikuti oleh Samsung M1. Microsoft KIN adalah telepon seluler pertama yang menggunakan Tegra, bagaimanapun juga, ponsel tersebut tidak memiliki sebuah toko aplikasi, sehingga kemampuan yang dimiliki oleh Tegra tidak banyak memberikan manfaat.

Microsoft Zune HD media player pertama NVidia Tegra
Microsoft Zune HD merupakan media player pertama yang menggunakan NVidia Tegra.

Pada bulan September 2008, NVidia dan perusahaan perangkat lunak Opera Software mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah versi dari browser Opera 9.5 yang di optimasi untuk penggunaan Tegra pada sistem operasi Windows Mobile dan Windows CE. Kemudian pada Mobile World Congress 2009, Nvidia memperkenalkan port sistem operasi Android buatan Google untuk digunakan pada seri GPU Tegra.

NVidia Tegra 250

Pada tanggal 7 Januari 2010, Nvidia secara resmi mengumumkan dan mendemonstrasikan SoC Tegra generasi terbaru, Nvidia Tegra 250, di acara Consumer Electronics Show 2010. Nvidia secara umum mendukung Android pada Tegra 2, tetapi booting sistem operasi yang mendukung ARM-lainnya dimungkinkan pada perangkat dimana bootloader dapat diakses. Tegra 2 juga mendukung penggunaan Ubuntu GNU/Linux distro dan juga diumumkan pada forum pengembang Nvidia.

System on A Chip (SoC) NVidia Tegra 250 unit pengolah satu chip
System on A Chip (SoC) NVidia Tegra 250 memuat berbagai unit pengolah dalam satu chip saja.

Nvidia kemudian mengumumkan SoC quad-core pertama mereka pada bulan Februar1 2011 dalam acara Mobile World Congress yang diselenggarakan di Barcelona. Walaupun chipset tersebut diberi kode nama Kal-El, kini ia diperkenalkan dengan merk dagang Tegra 3. Hasil benchmark awal menunjukkan angka yang mengesankan diraih oleh Tegra 2, dan chipset tersebut kemudian banyak digunakan oleh tablet yang dirilis pada paruh kedua tahun 2011.

Audi dan Tesla Motors

Bulan Januari 2012, Nvidia mengumumkan bahwa produsen kendaraan roda empat Audi telah memilih processor Tegra 3 untuk digunakan pada sistem informasi dan hiburan kendaraan serta tampilan instrumen digital di mobil yang mereka produksi. Processor tersebut akan terintegrasi dengan seluruh lini produk Audi di seluruh dunia, dimulai sejak tahun 2013.

Tesla Model S mobil pertama NVidia Tegra 3.
Tesla Model S merupakan mobil pertama yang menggunakan NVidia Tegra 3.

Pada musim semi 2012, Tesla Motors mulai mengapalkan Model S all electric, sedan bertenaga tinggi, yang dibenamkan dua buah NVIDIA Tegra 3D Visual Computing Modules (VCM). Satu VCM mengawaki sistem informasi dan hiburan layar sentuh berukuran 17-inch, dan satu lagi mengendalikan panel instrumen digital berukuran 12.3-inch.

NVidia kehebatan Tegra X1 grafis Epic Games Unreal Engine 4
NVidia menunjukkan kehebatan Tegra X1 menjalankan grafis Epic Games Unreal Engine 4 yang memukau.

Pada bulan Maret 2015, Nvidia mengumumkan Tegra X1, SoC pertama yang memiliki performa hingga 1 teraflop. Pada pengumuman di acara tersebut, NVidia menunjukkan demo Epic Games Unreal Engine 4 "Elemental", yang dijalankan pada chipset Tegra X1.

Daftar Seri Chipset NVidia Tegra

Berikut ini adalah daftar seri chipset smartphone yang pernah dirilis oleh Tegra diurutkan dari yang pertama (terendah):
  1. Tegra APX

    Ini adalah seri Tegra pertama yang dirilis oleh Nvidia.
    1. Tegra APX 2500
      Berbasis Processor ARM11 dengan kecepatan hanya 600 MHz MPCore (aslinya GeForce ULV), Memory: NOR atau NAND flash, Mobile DDR, kemampuan pengolah grafis FWVGA resolusi 854×480 pixels, mendukung penggunaan kamera hingga megapixels, dukungan terhadap LCD controller resolusi 1280×1024, penyimpanan data IDE untuk SSD, output HDMI, VGA, S-Video, USB dan USB On-The-Go.

    2. Tegra APX 2600
      Kurang lebih sama dengan NVidia Tegra APX 2500, hanya ada penambahan beberapa fitur dukungan.

  2. Tegra 6xx

    Ini adalah seri kedua dari lini produk chipset NVidia Tegra. Mereka merilis dua versi chipset SoC yang memiliki target segmen berbeda, yaitu:
    1. Tegra 600Ditargetkan untuk segmen perangkat GPS dan otomotif. Processor berbasis arsitektur ARM11 dengan kecepatan yang ditingkatkan menjadi 700 MHz MPCore, sedangkan memory menggunakan low-power DDR (DDR-333, 166 MHz), mendukung penggunaan SXGA, HDMI, USB, stereo jack dan kamera HD resolusi 720p.

    2. Tegra 650Ditujukan untuk GTX dari handheld dan notebook. Processor tetap berbasis ARM11 tetapi speed lebih kencang yakni 800 MHz MPCore, memory masih sama, tetapi sudah bisa memproses gambar resolusi HD untuk fungsi media perekam (camcorder) dan sudah mendukung tampilan full HD resolusi 1080p pada fps 24 frame/s serta memiliki output NTSC/PAL TV. Mendukung Wi-Fi, disk drives, keyboard, mouse, dan peripherals lainnya. Sebuah paket papan dukungan lengkap atau complete board support package (BSP) disediakan untuk mendukung pasar perangkat berbasis rancangan Windows Mobile.

  3. Tegra 2

    Generasi kedua SoC Tegra ini sudah memiliki CPU dual-core berbasis ARM Cortex-A9, teknologi semikonduktor 40nm, ultra low power (ULP), dipersenjatai GPU GeForce dengan 4 buah pixel shaders ditambah 4 vertex shaders, sebuah kontroller memory 32-bit single-channel dengan LPDDR2-600 atau DDR2-667 memory, 32KB/32KB L1 cache untuk tiap core dan 1MB L2 cache shared. Ada juga versi SoC yang mendukung display 3D; dimana SoC ini menggunakan CPU dan GPU dengan clock lebih tinggi.

    Tetapi sayangnya video decodernya masih belum berubah dari versi asli Tegra dimana fitur playback HD kurang bagus serta dukungan format yang sangat minim. Video decoder ini hanya bisa decoding format Baseline profile HD yang jarang digunakan untuk video HD di internet. Test menggunakan video YouTube HD bahkan menunjukkan tablet yang berbasis Tegra 2 tidak dapat men-decode hampir semua video di YouTube HD secara lancar tanpa software yang dioptimasi maksimal.

    Berikut adalah beberapa seri chipset yang berbasis NVidia Tegra 2:
    1. AP20H (Ventana/Unknown)
      Processor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1GHz. Memory LPDDR2 300 MHz.
    2. T20 (Harmony/Ventana)
      Processor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1GHz. Memory LPDDR2 300 MHz.
    3. AP25
      Processor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1.2 GHz. Memory LPDDR2 333 MHz.
    4. T25
      Processor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1.2 GHz. Memory LPDDR2 333 MHz.

  4. Tegra 3

    Diberi kode nama "Kal-El" (dikutip dari tokoh pahlawan komik fiksi Superman) adalah SoC dengan processor quad-core ARM Cortex-A9 MPCore, tetapi termasuk sebuah core "pelengkap" kelima yang dibatasi hanya berkecepatan 500 MHz. Dibandingkan dengan Tegra 2, ARM Cortex-A9s dalam Tegra 3 kini mendukung ARM's SIMD extension, NEON. GPU di Tegra 3 juga merupakan evolusi dari GPU Tegra 2, dengan tambahan 4 pixel shaders serta frekuensi clock yang lebih tinggi. Ia juga menyediakan output video hingga resolusi 2560×1600 dan mendukung pemutar video full HD 1080p MPEG-4 AVC/h.264 40 Mbit/s High-Profile, VC1-AP, dan DivX 5/6. Tegra 3 dirilis pada tanggal 9 November 2011.
    1. T30L
      Processor Quad Core berkecepatan 1.2 GHz (up to 1.3 GHz dalam mode single-core)

    2. T30
      Processor Quad Core berkecepatan 1.2 GHz (up to 1.3 GHz dalam mode single-core)

    3. AP33
      Processor Quad Core berkecepatan 1.2 GHz (up to 1.3 GHz dalam mode single-core)

    4. T33
      Processor Quad Core berkecepatan 1.2 GHz (up to 1.3 GHz dalam mode single-core)
  5. Tegra 4

    1. T114
    2. (T148) Tegra 4i
  6. Tegra K1

    1. T124
    2. T132
  7. Tegra X1

    1. T210
    2. Tegra Parker
Demikian artikel tentang seri dari Chipset CPU dan GPU NVidia Tegra. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar